Saturday 6 October 2012

Hambatan Dalam Melaksanakan Analisis Beban Kerja


Beberapa hambatan atau kesulitan yang pada umumnya dialami oleh Tim Analis sehingga perlu diantisipasi sebelum melaksanakan kegiatan analisis beban kerja, antara lain:
  1. Karyawan tidak tahu persis apa saja yang menjadi tugas pokok mereka.
  2. Karyawan kesulitan dalam mem’breakdown’ tugas menjadi aktivitas yang dapat diamati dan diukur.
  3. Karyawan malas mem’breakdown’ tugas menjadi aktivitas.
  4. Karyawan lupa berapa lama dan berapa kali aktivitas tugasnya dilakukan dalam periode waktu tertentu (harian, mingguan, bulanan, dst).
  5. Karyawan sulit menyediakan waktu untuk mengisi kuesioner dan logbook karena kesibukan pekerjaan.
  6. Atasan cenderung menilai bawahannya bekerja baik (cepat), sehingga diperlukan ‘validasi’ kembali terhadap waktu normal yang menjadi cenderung tinggi (lama).
  7. Ada ‘keengganan’ atau ‘penolakan’ dari pimpinan unit kerja untuk mendukung program analisis beban kerja karena berbagai alasan (issue sensitif/rasionalisasi, mengganggu program lain, hubungan yang kurang harmonis dengan departemen SDM/HR, dan lainnya).

Sumber: Materi Workshop Workload Analysis oleh Adil Kurnia

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More