Beberapa hambatan atau kesulitan yang pada umumnya dialami oleh Tim Analis sehingga perlu diantisipasi sebelum melaksanakan kegiatan analisis beban kerja, antara lain:
- Karyawan tidak tahu persis apa saja yang menjadi tugas pokok mereka.
- Karyawan kesulitan dalam mem’breakdown’ tugas menjadi aktivitas yang dapat diamati dan diukur.
- Karyawan malas mem’breakdown’ tugas menjadi aktivitas.
- Karyawan lupa berapa lama dan berapa kali aktivitas tugasnya dilakukan dalam periode waktu tertentu (harian, mingguan, bulanan, dst).
- Karyawan sulit menyediakan waktu untuk mengisi kuesioner dan logbook karena kesibukan pekerjaan.
- Atasan cenderung menilai bawahannya bekerja baik (cepat), sehingga diperlukan ‘validasi’ kembali terhadap waktu normal yang menjadi cenderung tinggi (lama).
- Ada ‘keengganan’ atau ‘penolakan’ dari pimpinan unit kerja untuk mendukung program analisis beban kerja karena berbagai alasan (issue sensitif/rasionalisasi, mengganggu program lain, hubungan yang kurang harmonis dengan departemen SDM/HR, dan lainnya).
Sumber: Materi Workshop Workload Analysis oleh Adil Kurnia
0 comments:
Post a Comment