Friday 30 August 2013

Kisah Tenzing Norgay, Sherpa Yang Amanah

Foto: http://www.everestsherpa.com
Tenzing Norgay seorang penduduk asli Nepal yang bertugas sebagai Pemandu (Sherpa) bagi para pendaki gunung yang berniat untuk mendaki Mount Everest. Tenzing Norgay menjadi Pemandu bagi Edmund Hillary. Tepatnya pada tanggal 29 Mei 1953 jam 11.30, Tenzing Norgay bersama Edmund Hillary menjadi orang pertama di dunia yang berhasil menaklukkan Puncak Gunung Tertinggi di Dunia Mount Everest pada ketinggian 29.028 kaki diatas permukaan laut, yang kemudian menjadi inspirasi dan penyemangat bagi ratusan pendaki berikutnya untuk mengikuti prestasi mereka. Dalam rentang waktu tahun 1920 sampai dengan 1952, tujuh tim ekspedisi yang berusaha menaklukkan Mount Everest mengalami kegagalan.

Keberhasilan Edmund Hillary tersebut menjadi sangat fenomenal mengingat saat itu baru berakhirnya Perang Dunia II dan hal itu menjadi semacam inspirator untuk mengembalikan kepercayaan diri bagi seluruh bangsa di dunia. Karena keberhasilannya, Edmund Hillary mendapatkan gelar kebangsawanan menjadi Sir Edmund Hillary dari Ratu Inggris Elizabeth II yang baru saja dilantik dan kemudian ia menjadi orang yang paling dikenal di seluruh dunia saat itu.

Tetapi dibalik keberhasilan itu, Tenzing Norgay sebenarnya memiliki peran yang sangat besar. Namun mengapa ia tidak menjadi terkenal dan mendapatkan semua yang didapatkan oleh Edmund Hillary padahal ia adalah sang pemandu yang membantu dan mengantarkannya mencapai Puncak Mount Everest? Seharusnya bisa saja dialah yang menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di puncak Mount Everest bukannya Edmund Hillary.

Sesaat setelah Edmund Hillary bersama Tenzing Norgay kembali dari puncak Mount Everest, hampir semua reporter dunia berebut mewawancarai Edmund Hillary, dan hanya ada satu reporter yang mewawancarai Tenzing Norgay, berikut cuplikannya:

Reporter: Bagaimana perasaan Anda dengan keberhasilan menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia?

Tenzing Norgay: Sangat senang sekali

Reporter: Anda kan seorang Sherpa (Pemandu) bagi Edmund Hillary, tentunya posisi Anda berada di depan dia, bukankah seharusnya Anda yang menjadi orang pertama yang menjejakkan kaki di puncak Mount Everest?

Tenzing Norgay: Ya, benar sekali, pada saat tinggal satu langkah mencapai puncak, saya persilakan dia (Edmund Hillary) untuk menjejakkan kakinya dan menjadi orang pertama di dunia yang berhasil menaklukkan Puncak Gunung Tertinggi di dunia….

Reporter: Mengapa Anda lakukan itu???

Tenzing Norgay: Karena itulah 'impian' Edmund Hillary, bukan 'impian' saya….. 'Impian' saya hanyalah berhasil membantu dan mengantarkan dia meraih 'impian'nya.

Luar biasa Tenzing Norgay Sang Sherpa ini... ia sungguh AMANAH dan tidak menjadi serakah ataupun iri dengan keberhasilan, nama besar dan semua penghargaan yang diperoleh Edmund Hillary. Ia sudah cukup bangga dapat mencapai 'impian'nya sendiri yaitu membantu orang lain mencapai dan mewujudkan 'impian'nya.

Referensi: Berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More